Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 06 Oktober 2016



Alhamdulillah…hai sahabat dumay, pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan artikel kaligrafi tentang tutorial cara desain atau mal mushaf kaligrafi arab dengan menggunakan cairan kimia. Cara pembuatan desain kaligrafi berikut ini tidak hanya dapat diaplikasikan pada proses pembuatan mushaf Al Quran tetapi dapat digunakan pada berbagai jenis kaligrafi, seperti : pembuatan mal dan desain pada kaligrafi arab hiasan rumah, kaligrafi dinding, dekorasi dinding rumah, hiasan untuk kaligrafi, mushaf kaligrafi, hiasan kaligrafi arab, kaligrafi hiasan dinding, dll.

Trik dan tips membuat mal dan desain kaligrafi yang akan saya bagikan ini sebenarnya ilmunya saya peroleh dari Ustad Dhohiruddin dari Jambi dan Ustad Hajir dari palu. Cara membuat mal kaligrafi ini lah yang sudah sejak lama digunakan oleh para juara mushaf nasional dan kaligrafi dekorasi nasional atau para juara kaligrafi dekorasi mtq baik dalam kegiatan lomba kaligrafi kabupaten maupun nasional, baik dibidang kaligrafi dekorasi, kaligrafi mushaf, maupun kaligrafi dekorasi masjid.

Nah…sebelum masuk pada proses pembuatan mal dan desain kaligrafi, yuk kita siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan :
  1. Pensil untuk menggambar, ya…mau merk apa aja boleh yang penting bisa buat gambar.
  2. Penghapus/step fungsinya buat menghapus kalau gambar kaligrafinya ada yang salah.
  3. Kertas karton ukuran 60 cm X 80 cm buat alas yang akan dijadikan media lukis mushaf
  4. Pisau cuter/gunting, tau dong funsinya buat apa jadi ndk usah saya terangkan.
  5. Kapas/lap/serbet/kain, digunakan untuk membantu memindah desain mushaf.
  6. Contoh foto kaligrafi mushaf yang akan dibuat.
  7. Spidol hitam kecil.
  8. Cairan kimia m3 1 liter yang banyak dijual di toko sablon. Dapat pula diganti dengan cairan thiner maupun bensin tergantung dana yang dimiliki ya guys…soalnya kan cairan kimia tersebut juga lumayan mahal. Fungsinyketiga cairan ini itu sama yaitu membersihkan pori-pori screen sablon dari cat sablon. Tetapi tingkat kualitasnya berbeda.
Setelah kita mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat mal…maka selanjutnya yuk kita intip cara pembuatan mal kaligrafi mushaf seperti apa.
 
Praktek cara membuat mal atau desain kaligrafi mushaf:

  1. Langkah pertama kita harus membuat desain kaligrafi atau motif ornament yang kita akan buat pada selembar kertas karton, desain boleh dari contoh kaligrafi yang sudah ada atau mau mendesain sendiri.
  2. Lalu tebalkan desain tersebut menggunakan spidol kecil warna hitam 
  3. Desain yang telah dibuat pada ketas karton kemudian difotocopy pada kertas HVS A0/kertas HVS ukuran 60cm x 80cm sesuai ukuran kertas karton yang anda buat. 
  4. Selanjutnyaa hasil fotocopy pada kertas A0 ditempelkan pada karton.  
  5. Basahilah kapas/lap/serbet yang telah disiapkan tadi dengan cairan kimia m3/bensin/thinner 
  6. Kemudian usapkan kapas/lap/serbet ke kertas A0 secara merata (asal basah saja), agar tinta fotocopy-nya lunak dan menjadi encer. 
  7. Basahi lagi kapas/lap/serbet menggunakan cairan kimia m3/bensin/thinner 
  8. Kapas/lap/serbet yang basah tadi usapkan pada kertas A0 secara merata namun yang ini agak ditekan, agar tinta fotocopy-nya pindah ke kertas karton dibawahnya 
  9.  Jreng…..jreng…mal atau desain mushaf tai berpindah ke kertas karton lainnya dan siap diwarnai 
  10. Saat mewarnai saya menyarankan menggunakan cat merk merris untuk mempermudah dan mempercepat proses pewarnaan kaligrafi. Kenap demikian???? Karena cat merris ini tidak menghpus bekas spidol yang ada pada karton sehingga kita bisa lebih mudah mengikuti alur pada sketsa gambar kaligrafi yang kita buat.
Nah….sekarang dah tau kan tips dan trik desain mal kaligrafi arab, silahkan bagi sahabat dumay sekalian yang berminat dengan seni kaligrafi dapat mencoba tips dan trik yang saya postingkan tadi. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengaetahuan bagi sahabat dumay sekalian.



About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top