Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 13 Oktober 2016


Pusat seni tulis kaligrafi islam yaitu ada di negara Turki, selain itu negara Turki juga menjadi pusat seni lukis dekoratif yang disebut EBRU atau seni marbling. Para seniman di Turki sejak dulu sudah mengkolaborasikan antara seni kaligrafi dan seni ebru, dari kolaborasi kedua seni ini telah menghasilkan karya-karya yang sangat indah.

Seni Ebru atau seni Marbling itu sendiri biasanya disebut dengan melukis diatas air. Prinsip pengerjaan seni ebru yaitu dengan mencipratkan cairan-cairan warna warni keatas air. Warna warna yang mengapung diatas air akan membentuk pola-pola indah seperti marmer (marble), yang kemudian dapat ditambah dengan kreasi bunga-bungaan maupun kreasi yang lain. Setelah pola-pola terbentuk diatas air maka selanjutnya media lukis (kertas) yang digunakan diletakkan diatas genangan air tersebut. Selanjutnya yang akan terjadi yaitu pola-pola yang ada di genangan air tersebut berpindah ke media lukis yang akan menghasilkan media lukis dengan pola warna warni yang sangat indah. 




 
Media lukis(kertas) yang berpola warna warni yang indah tersebut selanjutnya dijadikan dasar melukis kaligrafi. Berikut ini adalah beberapa karya seni Ebru, baik yang sudah dikolaborasikan dengan kaligrafi, maupun yang belum dikolaborasikan dengan seni kaligrafi. 

Ebru (Ayla Makas Property)

  

 Karya Ayla Makas
Karya seniman Fatih Yesil
 




 Karya Kubilay Eralp Dinçer

    (1) Adab Yaa Huu.                   (2) Buudah Kecer Yaa Huu


Seni Ebru yang berpadu dengan kaligrafi tsuluts, Karya Ayla Makas
 Seni ebru dan kaligrafi (http://kenanaonline.com/)


Kaligrafi Diwani Jaly yang ditulis diatas kertas yang telah dihiasi dengan seni ebru yang sangat indah. Ayat yang ditulis adalah Innahu min Sulaimaana wa innahu bismillahirrahmanirrahim


Kolaborasi kaligrafi Islam dan Seni Ebru
yang bertuliskan "Maasyaa Allah"


 


 


About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top