Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 08 Oktober 2016

Pembahasan artikel kali ini yaitu mengenai seorang kaligrafer unik asal Jordania bernama Jalal Amin Solih. Kaligrafer kelahiran tahun 1946 ini, selain memiliki jiwa seni ia juga menyukai olahraga binaraga. Di halaman situsnya, terpajang foto-fotonya dengan badan berotot besar.
  

Sebagai seorang binaragawan, Jalal Amin Solih menekuni beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, lari,binaraga dan tinju. Sedangkan disisi seorang seniman, ia menekuni kaligrafi dan seni lukis klasik. Karya-karya lukisannya, terutama lukisan wajah, telah ia dipamerkan di berbagai ajang eksibisi.

Jalal Amin Solih pernah meraih gelar diploma dalam bidang kaligrafi dan mendapat ijazah kaligrafi dari Mesir. Ia juga mengajar seni di kota Thaif kemudian ditunjuk sebagai guru kaligrafi di Madrasah tauhid selama 11 tahun. Kemudian ia dipanggil untuk bekerja sebagai penulis Ijazah, buku-buku dan alat-alat belajar, juga plang-plang sekolah selama 11 tahun juga.


Di bidang olahraga ia memperoleh prestasi angkat besi dan binaraga pada tahun 1390, 1392, dan 1393 dan ia diberi penghargaan oleh kementrian pemuda dan olahraga setempat. Sedangkan di bidang seni, ia pernah menggelar pameran kaligrafi terbesarnya pada tahun 1401H. 

 Melukis Wajah Dengan Kaligrafi

Jalal Amin Solih adalah orang pertama yang melukis wajah dengan kaligrafi. Maksudnya meukis wajah degan kaligrafi disini yaitu melukis menggunakan huruf-huruf kaligrafi yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menciptakan satu sosok wajah. Huruf-huruf kaligrafi yang dibaut adalah huruf-huruf berkaidah, bukan tulisan ngawur ngawuran seperti lukisan Eferitte Barbee.

Ia pernah bercerita tentang uji coba pertamanya melukis wajah dengan kaligrafi yaitu lukisan wajah seorang wanita yang ia beri judul Ibu. Karyanya ini pernah diakui orang lain karena tidak segera diberi hak cipta. Setelah melalui persidangan yang alot, akhirnya karyanya itu ditetapkan sebagai miliknya.

Kemudian ia mulai melukis beberapa wajah tokoh-tokoh, raja-raja dan orang-orang penting. Diantaranya tokoh-tokoh yang pernah di lukis, yang pertama kali adalah Raja Fahd bin Abdul Azis pada tahun 1410. 

Berikut ini adalah beberapa gambar kaligrafi karya Jalal Amin Solih yang diambil dari: http://www.jalalameen.com/


Gambar seorang ibu, terbentuk dari kata  الام yang ditulis berulang ulang. 
Lukisan ini berjudul Al-Umm (Ibu). Merupakan lukisan wajah dengan kaligrafi pertama didunia.
Sempat menjadi sengketa mengenai hak cipta lukisan ini. Akhirnya Kementrian Kebudayaan Arab Saudi menetapkan lukisan ini adalah karya Jalal Amin Solih, karena pelukis lain yang mengklaimnya ternyata tidak bisa membuat karya seperti ini. 


 Ungkapan kesedihan atas kematian istrinya.

Terdiri dari beberapa ayat : kullu nafsin dzaiqatul maut. 
kullu man álaiha faan wa yabqa wajhu rabbikadzul jalaali wal ikraam
Sedangkan bagian jilbab tertulis al-maut al hayat  diulang ulang



Lukisan Sosok Ulama
Mutawalli Asy-Syarowi

Abdul Aziz bin Abdurrahman Aal Su'ud

Amir Abdullah bin Abdul Azis Aal Su'uud  
Raja Faishol bin Abdul Azis Aal Su'ud



King Husein
Raja Yordania Husein Al Mu'adzdzomi

Su'ud bin Shoqr Al-Qasimi 
  
Husni Mubarok, Presiden Mesir
Susan Mubarok, Istri Presiden Mesir Husni Mubarok










About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top