Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Muhammad Assiry, 2016.
Bagi teman -teman yang saat ini sudah mulai tertarik dengan ptoduk motif dengan bahan GRC, maka disini saya bahas dan paparkan sekelumit tentang teknik pemasangan GRC Kerawangan.
Proses pemasangan GRC umumnya menggunakan rangka besi penahan beban yang dapat dipasang terlebih dahulu. Setelah itu barulah panel-panel GRC dipasang pada rangka besi tersebut. Selain menggunakan teknik tersebut, pemasangan GRC juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan rangka stud frame yang langsung dipasang di beton dengan memanfaatkan dynabolt. Sedangkan sambungan antara panel satu dengan lainnya bisa menggunakan flexible joint.
Secara singkat proses pemasangan GRC adalah sebagai berikut:
1) Persiapkan panel-panel GRC yang akan dipasang.
2) Persiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk memasang panel GRC.
Chain block atau kerekan yang dilengkapi tali tambang. Pemasangan alat ini diusahakan bersifat portabel/ mudah untuk dipindahkan.Scaffolding. Alat bantu ini disusun sedemikian rupa dengan estimasi jarak yang tidak mengganggu proses pemasangan GRC, yaitu sekira 50 cm dari tempat pemasangan. Electric drill (jika dibutuhkan) untuk mengunci mur baut sebagai penguat mur saat pemasangan rangka besi atau pun panel GRC.
3) Setelah perlengkapan sudah dipersiapkan, pastikan sekali lagi bahwa panel-panel GRC yang akan dipasang sudah tepat posisi (tidak salah penempatan).
4) Panel GRC dinaikkan/ diangkat/ ditempatkan sesuai posisi yang diinginkan dengan menggunakan kerekan dan bantuan tali tambang untuk menghindari benturan dengan bangunan atua benda lain.
5) Setelah panel GRC sudah ditempatkan di posisi yang tepat, pasangan bisa disipat menggunakan bantuan lot gantung untuk memastikan tingkat lurus dan tidaknya panel GRC. Jika sudah jelas lurus dan tidak ada masalah, maka panel GRC bisa dikancing dengan sistem pengelasan panel ke dinding tumpuan.
6) Setelah lurus dan selesai melakukan pengelasan (baca: panel sudah terpasang), proses terakhir adalah melakukan pekerjaan finishing. Proses ini dilakukan untuk memperbaiki panel GRC yang cacat akibat benturan atau pemakaian bahan penutup flexible joint antar panel. Bahan-bahan yang bisa dipakai pada proses finishing adalah adonan dari serabut fiber, lem, dan semen yang dicampur dengan air secukupnya untuk memperhalus bagian-bagian cacat yang dimaksud.
Mudah -mudahan bermanfaat, teknik -teknik lainnya bisa dipelajari di Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Quran ( PSKQ MODERN) Kudus Jateng.
Atau bisa dengan memilki buku Teknik Kaligrafi Dekorasi Masjid karya Muhammad Assiry Jasiri.
Demikian ulasan tentang proses pemasangan panel GRC pada bangunan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk persoalan yang berhubungan dengan pemasangan panel GRC. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang GRC dan produk-produk berbahan komposit dan lainnya bisa belajar bersama di Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi PSKQ Modern.

Illustrasi:
- Dalam foto tampak pemasangan GRC Kerawangan di Masjid Al Muttaqin Kaliwungu Jateng.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top