Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ, 13 Februari 2015

Menjelang hari raya imlek, saya akan mengajak pembaca semuanya untuk jalan-jalan ke negeri Cina. Karena blog ini milik pesantren kaligrafi, tentu saja yang dibahas adalah mengenai kaligrafi. Pernahkan kalian melihat kaligrafi cina? disini saya akan menjelaskan sejarah kaligrafi cina dan menunjukkan beberapa contohnya.

Pada zaman Dinasti Ming Cina (1368-1644), muslim keturunan Arab dan Persia yang dulunya bermigrasi ke Cina sejak zaman Dinasti Tang (pertengahan abad ke-7), perlahan-lahan melakukan asimilasi terhadap budaya Cina.Mereka menikah dengan penduduk lokal dan bahkan mengganti namanya dengan nama Cina. ‘Ma’ adalah ‘Muhammad’ dalam versi Cina. Seperti ‘Ma Ho’, yang merupakan nama kecil dari Laksamana Cheng Ho, seorang admiral legendaris muslim dari Cina yang berperan penting terhadap penyebaran Islam di Indonesia.

Kebudayaan Islam ikut terserap ke dalam budaya Cina termasuk seni kaligrafi. ‘Xiaojing’ adalah cara yang digunakan untuk menulis bahasa Cina menggunakan huruf Arab. Gambar menunjukkan inovasi baru dari seorang seniman muslim Cina bernama Haji Noor Deen (Mi Guang Jiang), yang merupakan fusi antara kaligrafi Arab dan Cina. Karya-karyanya lebih kepada menulis kaligrafi Arab dengan mengadopsi keindahan seni kaligrafi Cina.

Islam-Chinese Calligraphy dinamakan sebagai sini khat “Sini”, menggabungkan elemen Arab dan tulisan Cina, menggunakan kuas bulu kuda yang biasa digunakan oleh orang Cina. Lihat gambar pertama, itu adalah lafaz بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ dalam khat Sini.

Ini adalah beberapa contoh goresan kaligrafi cina :

  • Surah Al-Fatihah
    (Kertas ini dibentang mengikut cara penulisannya, bacaan Al-Fatihah akan lebih jelas jika kertas dibentangkan secara horizontal)
  •  Lafaz Basmallah. (kecil di sebelah kanan) dan Surah Al-Ikhlas (melingkar).
  •  Lafadz Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah) diatas kertas bermotif “Kipas Emas”
  •  Lafadz Alhamdulillah dengan motif makrokaligrafi ( kapal layar?)
  •  Lafadz "Allah" dalam bentuk bunga
  •  Lafadz "Allahuakbar" makrokaligrafi pedang
  •  Lafadz "Ar-Rochim"
  •  Lukisan dibawah ini adalah Lafadz "Basmillahirrohmanirrohim"
   
 
  •  Lafadz Syahadatain

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top